SD ISLAM AL-CHUSNAINI

LESSON DESCRIPTION

Mata pelajaran: Akidah Akhlak: Akidah Akhlak
Fase: C: Akidah Akhlak
Kelas: V - C: Akidah Akhlak
Penyusun: Mochamad Furqon., S.Pd.I, Gr.: Akidah Akhlak
No. Whatsapp: 085648890182: Akidah Akhlak
Alokasi Waktu: 19 Minggu x 2 JP: Akidah Akhlak
Tujuan Pembelajaran: Memahami makna Asmaul Husna (Al-Qawiyyu dan Al-Qayyum) dengan baik dan benar. : Akidah Akhlak
: Menganalisis makna iman kepada hari akhir dengan baik dan benar.: Akidah Akhlak
: Memahami makna kalimah tayibah istigfar dengan baik dan benar.: Akidah Akhlak
: Memahami perilaku tobat dan sabar dengan baik dan benar.: Akidah Akhlak
No.DateActivityPage: Akidah Akhlak
1.14/7/25 - 18/7/25- Makna Asmaul Husna
3: Akidah Akhlak
2.21/7/25 - 25/7/25- Hukum Iman Kepada Hari Akhir13: Akidah Akhlak
3.28/7/25 - 01/8/25- Nama-Nama Hari Akhir15: Akidah Akhlak
4.04/8/25 - 08/8/25- Arti Kalimah Istigfar25: Akidah Akhlak
5.11/8/25 - 15/8/25- Waktu Pengucapan Kalimah Istigfar26: Akidah Akhlak
6.18/8/25 - 22/8/25- Perilaku Tobat35: Akidah Akhlak
7.25/8/25 - 29/8/25- Perilaku Sabar37: Akidah Akhlak
8.01/9/25 - 05/9/25- Adab Bertamu47: Akidah Akhlak
9.08/9/25 - 12/9/25Daily Test I: Akidah Akhlak
10.15/9/25 - 19/9/25Daily Test I: Akidah Akhlak
11.22/9/25 - 26/9/25- Kesimpulan materi3 - 51: Akidah Akhlak
12.29/9/25 - 03/10/25Mid-Term Summative I: Akidah Akhlak
13.06/10/25 - 10/10/25Mid-Term Summative I: Akidah Akhlak
14.13/10/25 - 17/10/25- Asmaul Husna63: Akidah Akhlak
15.20/10/25 - 24/10/25- Kalimah Hauqalah73: Akidah Akhlak
16.27/10/25 - 31/10/25- Perilaku Akhlak Terpuji dan Tercela83: Akidah Akhlak
17.03/11/25 - 07/11/25- Sikap Teladan Nabi Ibrahim a.s107: Akidah Akhlak
18.10/11/25 - 14/11/25Daily Test II: Akidah Akhlak
19.17/11/25 - 21/11/25Daily Test II: Akidah Akhlak
20.24/11/25 - 28/11/25- Kesimpulan materi63 - 112: Akidah Akhlak
21.01/12/25 - 05/12/25Final-Term Summative I: Akidah Akhlak
22.08/12/25 - 12/12/25Final-Term Summative I: Akidah Akhlak
23.15/12/25 - 19/12/25Remidial and Raport Distribution: Akidah Akhlak
Mata pelajaran: Fikih: Fikih
Fase: C: Fikih
Kelas: V - C: Fikih
Penyusun: Mochamad Furqon., S.Pd.I, Gr.: Fikih
No. Whatsapp: 085648890182: Fikih
Alokasi Waktu: 19 Minggu x 2 JP: Fikih
Tujuan Pembelajaran: Memahami pengertian zakat fitrah dan zakat harta (zakat mal) serta menganalisis ketentuan-ketentuan zakat fitrah dengan baik dan benar : Fikih
: Memahami pengertian infak dan menganalisis ketentuan-ketentuan infak dengan baik dan benar : Fikih
: Memahami pengertian sedekah dan menganalisis ketentuan-ketentuan sedekah dengan baik dan benar : Fikih
No.DateActivityPage: Fikih
1.14/7/25 - 18/7/25- Menjelaskan pengertian zakat
3: Fikih
2.21/7/25 - 25/7/25- Menganalisa macam-macam zakat
6: Fikih
3.28/7/25 - 01/8/25- Menjelaskan hikmah zakat
12: Fikih
4.04/8/25 - 08/8/25- Menjelaskan pengertian infak
21: Fikih
5.11/8/25 - 15/8/25- Menganalisa ketentuan infak
23: Fikih
6.18/8/25 - 22/8/25- Menjelaskan hikmah infak
25: Fikih
7.25/8/25 - 29/8/25- Menjelaskan pengertian sedekah
35: Fikih
8.01/9/25 - 05/9/25- Menganalisa ketentuan dan menjelaskan hikmah sedekah
38: Fikih
9.08/9/25 - 12/9/25Daily Test I: Fikih
10.15/9/25 - 19/9/25Daily Test I: Fikih
11.22/9/25 - 26/9/25- Menjelaskan tentang zakat, infak dan sedekah
: Fikih
12.29/9/25 - 03/10/25Mid-Term Summative I: Fikih
13.06/10/25 - 10/10/25Mid-Term Summative I: Fikih
14.13/10/25 - 17/10/25- Menjelaskan pengertian kurban
57: Fikih
15.20/10/25 - 24/10/25- Menjelaskan tata cara penyembelihan hewan kurban
63: Fikih
16.27/10/25 - 31/10/25- Menjelaskan pengertian, ketentuan dan tata cara haji
75: Fikih
17.03/11/25 - 07/11/25- Menjelaskan pengertian, ketentuan dan tata cara umrah
95: Fikih
18.10/11/25 - 14/11/25Daily Test II: Fikih
19.17/11/25 - 21/11/25Daily Test II: Fikih
20.24/11/25 - 28/11/25- Menyanyikan lagu kebangsaan.
: Fikih
21.01/12/25 - 05/12/25Final-Term Summative I: Fikih
22.08/12/25 - 12/12/25Final-Term Summative I: Fikih
23.15/12/25 - 19/12/25Remidial and Raport Distribution: Fikih
Mata pelajaran: Al-Qur'an Hadis: Al-Qur'an Hadis
Fase: C: Al-Qur'an Hadis
Kelas: V - C: Al-Qur'an Hadis
Penyusun: Mochamad Furqon., S.Pd.I, Gr.: Al-Qur'an Hadis
No. Whatsapp: 085648890182: Al-Qur'an Hadis
Alokasi Waktu: 19 Minggu x 2 JP: Al-Qur'an Hadis
Tujuan Pembelajaran: Memahami arti dan isi kandungan surah Al-Adiyat dengan baik dan benar. : Al-Qur'an Hadis
: Memahami arti dan isi kandungan surah At-Tin dengan baik dan benar. : Al-Qur'an Hadis
: Memahami hukum bacaan idgham mim, ikhfa syafawi, dan idhar syafawi dengan baik dan benar.: Al-Qur'an Hadis
: Memahami isi kandungan hadis tentang menyayangi anak yatim dengan baik dan benar.: Al-Qur'an Hadis
No.DateActivityPage: Al-Qur'an Hadis
1.14/7/25 - 18/7/25Membaca dan menerjemahkan surah Al-Adiyat3: Al-Qur'an Hadis
2.21/7/25 - 25/7/25Diskusi tentang surah Al-Adiyat8: Al-Qur'an Hadis
3.28/7/25 - 01/8/25membaca dan menerjemahkan surah at-tin17: Al-Qur'an Hadis
4.04/8/25 - 08/8/25Diskusi tentang isi kandungan surah At-Tin22: Al-Qur'an Hadis
5.11/8/25 - 15/8/25- Diskusi tentang hukum bacaan mim mati/sukun31: Al-Qur'an Hadis
6.18/8/25 - 22/8/25- Diskusi tentang hukum bacaan mim mati/sukun35: Al-Qur'an Hadis
7.25/8/25 - 29/8/25- Membaca dan menerjemahkan hadis tentang menyayangi anak yatim43: Al-Qur'an Hadis
8.01/9/25 - 05/9/25- Memahami isi kandungan dan pengalaman perilaku tentang hadis menyayangi anak yatim


46: Al-Qur'an Hadis
9.08/9/25 - 12/9/25Daily Test I: Al-Qur'an Hadis
10.15/9/25 - 19/9/25Daily Test I: Al-Qur'an Hadis
11.22/9/25 - 26/9/25- Kesimpulan pelajaran 1 - 43 - 47: Al-Qur'an Hadis
12.29/9/25 - 03/10/25Mid-Term Summative I: Al-Qur'an Hadis
13.06/10/25 - 10/10/25Mid-Term Summative I: Al-Qur'an Hadis
14.13/10/25 - 17/10/25- Memahami surah Al-Humazah61: Al-Qur'an Hadis
15.20/10/25 - 24/10/25- Memahami surah Al-Bayyinah75: Al-Qur'an Hadis
16.27/10/25 - 31/10/25- Memahami bacaan waqaf dan wasal91: Al-Qur'an Hadis
17.03/11/25 - 07/11/25- Memahami hadis ciri-ciri orang munafik103: Al-Qur'an Hadis
18.10/11/25 - 14/11/25Daily Test II: Al-Qur'an Hadis
19.17/11/25 - 21/11/25Daily Test II: Al-Qur'an Hadis
20.24/11/25 - 28/11/25- Kesimpulan materi pelajaran 5 - 861 - 107: Al-Qur'an Hadis
21.01/12/25 - 05/12/25Final-Term Summative I: Al-Qur'an Hadis
22.08/12/25 - 12/12/25Final-Term Summative I: Al-Qur'an Hadis
23.15/12/25 - 19/12/25Remidial and Raport Distribution: Al-Qur'an Hadis
Mata pelajaran: Sejarah Kebudayaan Islam: Sejarah Kebudayaan Islam
Fase: C: Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas: V - C: Sejarah Kebudayaan Islam
Penyusun: Mochamad Furqon., S.Pd.I, Gr.: Sejarah Kebudayaan Islam
No. Whatsapp: 085648890182: Sejarah Kebudayaan Islam
Alokasi Waktu: 19 Minggu x 2 JP: Sejarah Kebudayaan Islam
Tujuan Pembelajaran: Menjelaskan pembinaan yang dilakukan Nabi Muhammad Saw. terhadap masyarakat Madinah di bidang sosial, ekonomi, agama, dan pertahanan. : Sejarah Kebudayaan Islam
: Memahami upaya Nabi Muhammad Saw. dalam menegakkan berbagai kesepakatan dengan kelompok nonmuslim.: Sejarah Kebudayaan Islam
: Menyebutkan sebab-sebab terjadinya peristiwa Fathul Makkah.: Sejarah Kebudayaan Islam
: Memahami informasi tentang cara-cara Rasulullah Saw. dalam menjaga perdamaian dengan kaum Quraisy dalam peristiwa Fathul Makkah: Sejarah Kebudayaan Islam
No.DateActivityPage: Sejarah Kebudayaan Islam
1.14/7/25 - 18/7/25- Membina Masyarakat Madinah di bidang sosial dan ekonomi3: Sejarah Kebudayaan Islam
2.21/7/25 - 25/7/25Membina Masyarakat Madinah di bidang agama dan pertahanan9: Sejarah Kebudayaan Islam
3.28/7/25 - 01/8/25Menegakkan berbagai kesepakatan dengan kelompok nionmuslim19: Sejarah Kebudayaan Islam
4.04/8/25 - 08/8/25Sebab-sebab terjadinya peristiwa fathu Makkah41: Sejarah Kebudayaan Islam
5.11/8/25 - 15/8/25Rangkaian peristiwa fathu Makkah42: Sejarah Kebudayaan Islam
6.18/8/25 - 22/8/25Upaya menghindar pertumpahan darah dan pendekatan tokoh-tokoh Quraisy55: Sejarah Kebudayaan Islam
7.25/8/25 - 29/8/25Amnesti dan penghormatan terhadap hak-hak orang Quraisy57: Sejarah Kebudayaan Islam
8.01/9/25 - 05/9/25Kisah wafatnya Nabi Muhammad Saw.67: Sejarah Kebudayaan Islam
9.08/9/25 - 12/9/25Daily Test I: Sejarah Kebudayaan Islam
10.15/9/25 - 19/9/25Daily Test I: Sejarah Kebudayaan Islam
11.22/9/25 - 26/9/25Membina perdamaian masyarakat Madinah, kesepakatan kelompok nonmuslim, peristiwa fathu Makkah, kisah wafat Nabi Muhammad Saw.3 - 79: Sejarah Kebudayaan Islam
12.29/9/25 - 03/10/25Mid-Term Summative I: Sejarah Kebudayaan Islam
13.06/10/25 - 10/10/25Mid-Term Summative I: Sejarah Kebudayaan Islam
14.13/10/25 - 17/10/25Kisah keteladanan Abu Bakar as-Siddiq r.a sebagai sahabat dan khalifah87: Sejarah Kebudayaan Islam
15.20/10/25 - 24/10/25Kisah keteladanan Umar bin Khattab r.a sebagai sahabat dan khalifah107: Sejarah Kebudayaan Islam
16.27/10/25 - 31/10/25Kisah keteladanan Usman bin Affan r.a sebagai sahabat dan khalifah127: Sejarah Kebudayaan Islam
17.03/11/25 - 07/11/25Kisah keteladanan Ali bin Abi Thalib k.w sebagai sahabat dan khalifah139: Sejarah Kebudayaan Islam
18.10/11/25 - 14/11/25Daily Test II: Sejarah Kebudayaan Islam
19.17/11/25 - 21/11/25Daily Test II: Sejarah Kebudayaan Islam
20.24/11/25 - 28/11/25- Kisah Khufaurasyidin 87 - 145: Sejarah Kebudayaan Islam
21.01/12/25 - 05/12/25Final-Term Summative I: Sejarah Kebudayaan Islam
22.08/12/25 - 12/12/25Final-Term Summative I: Sejarah Kebudayaan Islam
23.15/12/25 - 19/12/25Remidial and Raport Distribution: Sejarah Kebudayaan Islam
Mata pelajaran: Pendidikan Pancasila: Pendidikan Pancasila
Fase: C: Pendidikan Pancasila
Kelas: V - C: Pendidikan Pancasila
Penyusun: Miftachul Mudir Saifulloh, S.Pd.I.: Pendidikan Pancasila
No. Whatsapp: 0896 7572 3335: Pendidikan Pancasila
Alokasi Waktu: 19 Minggu x 3 JP: Pendidikan Pancasila
Tujuan Pembelajaran: Memahami sejarah kelahiran Pancasila : Pendidikan Pancasila
: Mengidentifikasi penerapan norma di lingkungan sekitar: Pendidikan Pancasila
No.DateActivityPage: Pendidikan Pancasila
1.14/7/25 - 18/7/25- Sejarah kelahiran Pancasila3: Pendidikan Pancasila
2.21/7/25 - 25/7/25- Kota Pancasila yanag mempesona6: Pendidikan Pancasila
3.28/7/25 - 01/8/25- Meneladani perilaku perumus Pancasila9: Pendidikan Pancasila
4.04/8/25 - 08/8/25- Memahami teks "Pemilihan ketua RT"11: Pendidikan Pancasila
5.11/8/25 - 15/8/25- Tragedi gempa Cianjur12: Pendidikan Pancasila
6.18/8/25 - 22/8/25- Membiasakan perilaku Pancasila15: Pendidikan Pancasila
7.25/8/25 - 29/8/25- Membaca teks "Keluarga Ani" dan "Gotong Royong Memenen Padi" 17 & 19: Pendidikan Pancasila
8.01/9/25 - 05/9/25- Membuat cerita singkat tentang sikap atau perilaku yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila21: Pendidikan Pancasila
9.08/9/25 - 12/9/25Daily Test I: Pendidikan Pancasila
10.15/9/25 - 19/9/25Daily Test I: Pendidikan Pancasila
11.22/9/25 - 26/9/25Review Bab 1: Pendidikan Pancasila
12.29/9/25 - 03/10/25Mid-Term Summative I: Pendidikan Pancasila
13.06/10/25 - 10/10/25Mid-Term Summative I: Pendidikan Pancasila
14.13/10/25 - 17/10/25- Macam-macam norma dalam kehidupan33: Pendidikan Pancasila
15.20/10/25 - 24/10/25- Penerapan norma dalam kehidupan40: Pendidikan Pancasila
16.27/10/25 - 31/10/25- Mempraktikkan norma di lingkungan47: Pendidikan Pancasila
17.03/11/25 - 07/11/25- Arti penting musyawarah dalam kehidupan54: Pendidikan Pancasila
18.10/11/25 - 14/11/25Daily Test II: Pendidikan Pancasila
19.17/11/25 - 21/11/25Daily Test II: Pendidikan Pancasila
20.24/11/25 - 28/11/25Review Bab 2: Pendidikan Pancasila
21.01/12/25 - 05/12/25Final-Term Summative I: Pendidikan Pancasila
22.08/12/25 - 12/12/25Final-Term Summative I: Pendidikan Pancasila
23.15/12/25 - 19/12/25Remidial and Raport Distribution: Pendidikan Pancasila
Mata pelajaran: Bahasa Indonesia: Bahasa Indonesia
Fase: C: Bahasa Indonesia
Kelas: V - A: Bahasa Indonesia
Penyusun: Miftachul Mudir Saifulloh, S.Pd.I.: Bahasa Indonesia
No. Whatsapp: 0896 7572 3335: Bahasa Indonesia
Alokasi Waktu: 19 Minggu x 4 JP: Bahasa Indonesia
Tujuan Pembelajaran: Memahami dan mengidentifikasi kata sifat, imbuhan pe- , sinonim dan antonim, kalimat majemuk dan kalimat deskripsi dengan benar: Bahasa Indonesia
: Memahami teks naratif, penggunaan kalimat langsung dan tidak langsung dan mengidentifikasi majas dan maknanya dengan benar: Bahasa Indonesia
: Memahami teks prosedur, imbuhan awalan me-, imbuhan akhiran -lah dan -kan dan menulis surat pribadi dengan benar: Bahasa Indonesia
: Memahami dan mengidentifikasi ide pokok dan ide pendukung, makna idiom, informasi penting teks dalam wawancara dan menggunakan kata tanya dengan benar: Bahasa Indonesia
No.DateActivityPage: Bahasa Indonesia
1.14/7/25 - 18/7/25- Mengidentifikasi sifat tokoh dalam cerita
- Memahami sinonim dan antonim
2: Bahasa Indonesia
2.21/7/25 - 25/7/25Memahami sinonim dan antonim8: Bahasa Indonesia
3.28/7/25 - 01/8/25- Memahami kalimat majemuk setara8: Bahasa Indonesia
4.04/8/25 - 08/8/25Menulis teks deskripsi10: Bahasa Indonesia
5.11/8/25 - 15/8/25Evaluasi pembelajaran 226: Bahasa Indonesia
6.18/8/25 - 22/8/25- Mengidentifikasi unsur intrinsik dalam cerita16: Bahasa Indonesia
7.25/8/25 - 29/8/25- Memahami kalimat langsung dan tidak langsung 18: Bahasa Indonesia
8.01/9/25 - 05/9/25- Memahami tek fiksi dan non fiksi20: Bahasa Indonesia
9.08/9/25 - 12/9/25- Evaluasi pelajaran 3
26: Bahasa Indonesia
10.15/9/25 - 19/9/25Daily Test I: Bahasa Indonesia
11.22/9/25 - 26/9/25- evaluasi Bab 1 dan 2: Bahasa Indonesia
12.29/9/25 - 03/10/25Mid-Term Summative I: Bahasa Indonesia
13.06/10/25 - 10/10/25Mid-Term Summative I: Bahasa Indonesia
14.13/10/25 - 17/10/25- Mendalami kisah sebuah prestasi melalui hobi 32: Bahasa Indonesia
15.20/10/25 - 24/10/25- Menulis surat 36: Bahasa Indonesia
16.27/10/25 - 31/10/25- Meneladani kisah Tokoh pada teks dan Memahami Idiom dan maknanya44: Bahasa Indonesia
17.03/11/25 - 07/11/25- Mencari informasi melalui kegiatan wawancara 49: Bahasa Indonesia
18.10/11/25 - 14/11/25Daily Test II: Bahasa Indonesia
19.17/11/25 - 21/11/25Daily Test II: Bahasa Indonesia
20.24/11/25 - 28/11/25- Menekuni Hobi
- Menumbuhkan sikap wirausaha.
: Bahasa Indonesia
21.01/12/25 - 05/12/25Final-Term Summative I: Bahasa Indonesia
22.08/12/25 - 12/12/25Final-Term Summative I: Bahasa Indonesia
23.15/12/25 - 19/12/25Remidial and Raport Distribution: Bahasa Indonesia
Mata pelajaran: Matematika: Matematika
Fase: C: Matematika
Kelas: V - C: Matematika
Penyusun: Miftachul Mudir Saifulloh, S.Pd.I.: Matematika
No. Whatsapp: 0896 7572 3335: Matematika
Alokasi Waktu: 19 Minggu x 5 JP: Matematika
Tujuan Pembelajaran: menyusun dan mengurai suatu bilangan cacah sampai 100.000 : Matematika
: menentukan KPK dan FPB dengan faktorisasi prima: Matematika
: menentukan hasil operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pecahan biasa dan pecahan campuran: Matematika
No.DateActivityPage: Matematika
1.14/7/25 - 18/7/25- Bilangan cacah sampai 100.0002: Matematika
2.21/7/25 - 25/7/25- Menyebutkan nilai tempat bilangan cacah sampai 100.00003: Matematika
3.28/7/25 - 01/8/25- membandingkan dan mengurutkan bilangan cacah sampai 100.0007: Matematika
4.04/8/25 - 08/8/25- Komposisi dan Dekomposisi bilangan cacah sampai 100.00011: Matematika
5.11/8/25 - 15/8/25- Operasi hitung bilangan cacah sampai 100.000 13: Matematika
6.18/8/25 - 22/8/25Nilai Kelipatan Terkecil (KPK)26: Matematika
7.25/8/25 - 29/8/25Faktor Persekutuan Trebesar (FPB)30: Matematika
8.01/9/25 - 05/9/25KPK dan FPB dengan Faktorisasi Prima33: Matematika
9.08/9/25 - 12/9/25Daily Test I: Matematika
10.15/9/25 - 19/9/25Daily Test I: Matematika
11.22/9/25 - 26/9/25Review lisan dan tulis22-23 & 40-41: Matematika
12.29/9/25 - 03/10/25Mid-Term Summative I: Matematika
13.06/10/25 - 10/10/25Mid-Term Summative I: Matematika
14.13/10/25 - 17/10/25- Arti Pecahan44: Matematika
15.20/10/25 - 24/10/25- Membandingkan dan mengurutkan pecahan46: Matematika
16.27/10/25 - 31/10/25- Penjumlahan pecahan52: Matematika
17.03/11/25 - 07/11/25- pengurangan pecahan58: Matematika
18.10/11/25 - 14/11/25Daily Test II: Matematika
19.17/11/25 - 21/11/25Daily Test II: Matematika
20.24/11/25 - 28/11/25- Review lisan dan tulis63 & 64: Matematika
21.01/12/25 - 05/12/25Final-Term Summative I: Matematika
22.08/12/25 - 12/12/25Final-Term Summative I: Matematika
23.15/12/25 - 19/12/25Remidial and Raport Distribution: Matematika
Mata pelajaran: IPAS: IPAS
Fase: C: IPAS
Kelas: V - C: IPAS
Penyusun: Miftachul Mudir Saifulloh, S.Pd.I.: IPAS
No. Whatsapp: 0896 7572 3335: IPAS
Alokasi Waktu: 19 Minggu x 2 JP: IPAS
Tujuan Pembelajaran: Menjelaskan fungsi, peran, struktur dasar organ tubuh manusia dalam menjaga kelangsungan hidup dengan benar.: IPAS
: Membedakan komponen biotik dan abiotik dalam hubungan saling ketergantungan antar makhluk hidup dalam ekosistem serta menganalisis dampak perubahan ekosistem terhadap makhluk hidup dengan benar.: IPAS
: Menjelaskan proses siklus dan fungsi air serta pentingnya dalam menggunakan dan menjaga kebersihan dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.: IPAS
No.DateActivityPage: IPAS
1.14/7/25 - 18/7/25- Mengenal organ tubuh manusia3: IPAS
2.21/7/25 - 25/7/25- Membuat alat peraga pada sistem pencernaan dan pernafasan manusia4: IPAS
3.28/7/25 - 01/8/25- Mengenal kandungan nutrisi pada makanan sehat dan membuat piramida gizi seimbang pada makanan
8: IPAS
4.04/8/25 - 08/8/25- Mengenal ekosistem pada komponen biotik dan abiotik23: IPAS
5.11/8/25 - 15/8/25- Membuat rantai makanan27: IPAS
6.18/8/25 - 22/8/25- Menyaksikan perubahan ekosistem yang dapat mempengaruhi kelangsungan makhluk hidup
32: IPAS
7.25/8/25 - 29/8/25- Menyaksikan dampak perubahan ekosisem yang terjadi akibat penebangan liar di hutan
34: IPAS
8.01/9/25 - 05/9/25REVIEW BAB 1 & 2: IPAS
9.08/9/25 - 12/9/25Daily Test I: IPAS
10.15/9/25 - 19/9/25Daily Test I: IPAS
11.22/9/25 - 26/9/25- Menyanyikan tahapan siklus air dan membuat pop up, spiner siklus air43: IPAS
12.29/9/25 - 03/10/25Mid-Term Summative I: IPAS
13.06/10/25 - 10/10/25Mid-Term Summative I: IPAS
14.13/10/25 - 17/10/25- Menyaksikan penggunaan dan cara penghematan air
52: IPAS
15.20/10/25 - 24/10/25- Eksperimen gelombang bunyi
63: IPAS
16.27/10/25 - 31/10/25- Menyaksikan proses mendengar yang terjadi pada organ dalam telinga
68: IPAS
17.03/11/25 - 07/11/25- Membuat peta konsep manfaat bunyi
72: IPAS
18.10/11/25 - 14/11/25Daily Test II: IPAS
19.17/11/25 - 21/11/25Daily Test II: IPAS
20.24/11/25 - 28/11/25Review Bab 3 & 4: IPAS
21.01/12/25 - 05/12/25Final-Term Summative I: IPAS
22.08/12/25 - 12/12/25Final-Term Summative I: IPAS
23.15/12/25 - 19/12/25Remidial and Raport Distribution: IPAS
Mata pelajaran: Seni Budaya: Seni Budaya
Fase: C: Seni Budaya
Kelas: V - C: Seni Budaya
Penyusun: Miftachul Mudir Saifulloh, S.Pd.I.: Seni Budaya
No. Whatsapp: 0896 7572 3335: Seni Budaya
Alokasi Waktu: 19 Minggu x 3 JP: Seni Budaya
Tujuan Pembelajaran: Membuat pola dan ragam hias nusantara : Seni Budaya
: Menyanyikan lagu-lagu wajib Nasional dan lagu daerah dengan iringan alat musik melodis: Seni Budaya
: Mengidentifikasi unsur utama tari tradisional: Seni Budaya
: Melakukan pementasan peran berdasarkan cerita legenda : Seni Budaya
No.DateActivityPage: Seni Budaya
1.14/7/25 - 18/7/25- Unsur-unsur seni rupa3: Seni Budaya
2.21/7/25 - 25/7/25- Prinsip seni rupa4: Seni Budaya
3.28/7/25 - 01/8/25- Pengertian dan jenis ragam hias nusantara8: Seni Budaya
4.04/8/25 - 08/8/25- menggambar pola ragam hias nusantara11: Seni Budaya
5.11/8/25 - 15/8/25- Jenis-jenis suara manusia21: Seni Budaya
6.18/8/25 - 22/8/25- Sumber bunyi alat musik dan cara memainkan alat musik22 & 24: Seni Budaya
7.25/8/25 - 29/8/25- Organ penghasil suara pada manusia26: Seni Budaya
8.01/9/25 - 05/9/25- Apresiasi seni musik29: Seni Budaya
9.08/9/25 - 12/9/25- Daily Test I: Seni Budaya
10.15/9/25 - 19/9/25- Daily Test I: Seni Budaya
11.22/9/25 - 26/9/25- Review Bab 1 & 2: Seni Budaya
12.29/9/25 - 03/10/25- Mid-Term Summative I: Seni Budaya
13.06/10/25 - 10/10/25- Mid-Term Summative I: Seni Budaya
14.13/10/25 - 17/10/25- Mengenal tari tradisional39: Seni Budaya
15.20/10/25 - 24/10/25- Unsur-unsur tari tradisional42: Seni Budaya
16.27/10/25 - 31/10/25- Eksplorasi gerak dalam seni peran dan unsur-unsur seni peran57: Seni Budaya
17.03/11/25 - 07/11/25- Bermain peran melalu tablo dan improvisasi dalam seni peran61: Seni Budaya
18.10/11/25 - 14/11/25- Daily Test II: Seni Budaya
19.17/11/25 - 21/11/25- Daily Test II: Seni Budaya
20.24/11/25 - 28/11/25- Review Bab 3 & 4: Seni Budaya
21.01/12/25 - 05/12/25- Final-Term Summative I: Seni Budaya
22.08/12/25 - 12/12/25- Final-Term Summative I: Seni Budaya
23.15/12/25 - 19/12/25- Remidial and Raport Distribution: Seni Budaya
Mata pelajaran: PJOK: PJOK
Fase: C: PJOK
Kelas: V - C: PJOK
Penyusun: Much. Hasan Ashari., S.Pd: PJOK
No. Whatsapp: 0895378148117: PJOK
Alokasi Waktu: 19 Minggu x 2 JP: PJOK
Tujuan Pembelajaran: Mempraktikkan cara menendang, menghentikan, dan menggiring bola dengan sederhana. : PJOK
: Mempraktikkan cara memegang raket, posisi tubuh, gerak kaki, dan memukul satelkok.: PJOK
: Mempraktikkan cara melempar, menangkap, dan memukul bola dalam permainan kasti dengan benar.: PJOK
: Mempraktikkan gerak dasar senam lantai handstand, meroda, guling depan, serta lompat harimau dalam senam irama.: PJOK
No.DateActivityPage: PJOK
1.14/7/25 - 18/7/25- Menendang Bola4: PJOK
2.21/7/25 - 25/7/25- Mengiring Bola8: PJOK
3.28/7/25 - 01/8/2510
4.04/8/25 - 08/8/2521
5.11/8/25 - 15/8/25- Gerak Dasar Permainan Bulu Tangkis22: PJOK
6.18/8/25 - 22/8/25- Peraturan Permanian Bola Kasti37: PJOK
7.25/8/25 - 29/8/25- Gerak Dasar Permainan Bola Kasti39: PJOK
8.01/9/25 - 05/9/25- Aktivitas Pembelajaran Permainan Bola Kasti41: PJOK
9.08/9/25 - 12/9/25Daily Test I: PJOK
10.15/9/25 - 19/9/25Daily Test I: PJOK
11.22/9/25 - 26/9/25
12.29/9/25 - 03/10/25Mid-Term Summative I: PJOK
13.06/10/25 - 10/10/25Mid-Term Summative I: PJOK
14.13/10/25 - 17/10/25- Perngertian Senam Lantai53: PJOK
15.20/10/25 - 24/10/25- Aktivitas Pemanasan Senam Lantai58: PJOK
16.27/10/25 - 31/10/25- Variasi Langkah Kaki71: PJOK
17.03/11/25 - 07/11/25- Kombinasi Gerak Langkah dan Ayunan Lengan75: PJOK
18.10/11/25 - 14/11/25Daily Test II: PJOK
19.17/11/25 - 21/11/25Daily Test II: PJOK
20.24/11/25 - 28/11/25
21.01/12/25 - 05/12/25Final-Term Summative I: PJOK
22.08/12/25 - 12/12/25Final-Term Summative I: PJOK
23.15/12/25 - 19/12/25Remidial and Raport Distribution: PJOK
Mata pelajaran: Basa Jawa: Basa Jawa
Fase: C: Basa Jawa
Kelas: V - C: Basa Jawa
Penyusun: Miftachul Mudir Saifulloh, S.Pd.I.: Basa Jawa
No. Whatsapp: 0896 7572 3335: Basa Jawa
Alokasi Waktu: 19 Minggu x 2 JP: Basa Jawa
Tujuan Pembelajaran: Menjelaskan isi teks fiksi, narasi , (cerita rakyat sederhana) yang dibacakan atau media audio: Basa Jawa
: Menjelaskan, menulis, menyimak tembang macapat oleh ibu/bapak guru: Basa Jawa
: Menjelaskan,mengidentifikasi basa rinengga yang terkandung sesuai di dalam teks: Basa Jawa
No.DateActivityPage: Basa Jawa
1.14/7/25 - 18/7/25- Crita Rakyat.
1: Basa Jawa
2.21/7/25 - 25/7/25- Unsur intrinsik teks cerita rakyat
6: Basa Jawa
3.28/7/25 - 01/8/25- Pesan moral teks crita rakyat.
9: Basa Jawa
4.04/8/25 - 08/8/25- Nyemak teks tembang macapat.
15: Basa Jawa
5.11/8/25 - 15/8/25Nganalisis struktur teks tembang macapat17: Basa Jawa
6.18/8/25 - 22/8/25Pesen moral20: Basa Jawa
7.25/8/25 - 29/8/25Memparafrase23: Basa Jawa
8.01/9/25 - 05/9/25REVIEW BAB 1 & 2: Basa Jawa
9.08/9/25 - 12/9/25Daily Test I: Basa Jawa
10.15/9/25 - 19/9/25Daily Test I: Basa Jawa
11.22/9/25 - 26/9/25REVIEW BAB 1 & 2: Basa Jawa
12.29/9/25 - 03/10/25Mid-Term Summative I: Basa Jawa
13.06/10/25 - 10/10/25Mid-Term Summative I: Basa Jawa
14.13/10/25 - 17/10/25- Mengidentifikasi basa rinengga.
30: Basa Jawa
15.20/10/25 - 24/10/25- Teks eksposisi.
45: Basa Jawa
16.27/10/25 - 31/10/25pesen moral sajrone teks eksposisi.
52: Basa Jawa
17.03/11/25 - 07/11/25REVIEW BAB 3 & 4: Basa Jawa
18.10/11/25 - 14/11/25Daily Test II: Basa Jawa
19.17/11/25 - 21/11/25Daily Test II: Basa Jawa
20.24/11/25 - 28/11/25REVIEW BAB 3 & 4: Basa Jawa
21.01/12/25 - 05/12/25Final-Term Summative I: Basa Jawa
22.08/12/25 - 12/12/25Final-Term Summative I: Basa Jawa
23.15/12/25 - 19/12/25Remidial and Raport Distribution: Basa Jawa
Mata pelajaran: Bahasa Inggris: Bahasa Inggris
Fase: C: Bahasa Inggris
Kelas: V - C: Bahasa Inggris
Penyusun: Moch. Huddin, S.Pd.I: Bahasa Inggris
No. Whatsapp: 085649659021: Bahasa Inggris
Alokasi Waktu: 19 Minggu x 2 JP: Bahasa Inggris
Tujuan Pembelajaran: Menjelaskan berbagai penyakit dan memberikan saran tentang kesehatan. : Bahasa Inggris
: Menjelaskan proses pembuatan makanan beserta takarannya.: Bahasa Inggris
: Menceritakan cerita fiksi menggunakan past tense dan different clauses.: Bahasa Inggris
: Menjelaskan teks narasi menggunakan berbagai kata sifat.: Bahasa Inggris
: Memahami penggunaan comparative and superlative adjectives dalam suatu kalimat.: Bahasa Inggris
: Menceritakan kegiatan yang akan dilakukan di masa depan.: Bahasa Inggris
No.DateActivityPage: Bahasa Inggris
1.14/7/25 - 18/7/25- Mengidentifikasi berbagai makanan di dunia.
12: Bahasa Inggris
2.21/7/25 - 25/7/25- Membuat kalimat tanya dengan struktur question tags.
18: Bahasa Inggris
3.28/7/25 - 01/8/25- Mendeskripsikan sesuatu yang pernah dirasakan.
20: Bahasa Inggris
4.04/8/25 - 08/8/25- Menceritakan kegiatan yang menarik.
24: Bahasa Inggris
5.11/8/25 - 15/8/25- Menganalisis tugas proyek sekolah.
28: Bahasa Inggris
6.18/8/25 - 22/8/25- Membuat teks narasi tentang kegiatan di sekolah.
32: Bahasa Inggris
7.25/8/25 - 29/8/25- Memahami dialog tentang kegiatan di sekolah.
34: Bahasa Inggris
8.01/9/25 - 05/9/25- Menerapkan kalimat yang berisi permohonan izin dan larangan.
38: Bahasa Inggris
9.08/9/25 - 12/9/25Daily Test I: Bahasa Inggris
10.15/9/25 - 19/9/25Daily Test I: Bahasa Inggris
11.22/9/25 - 26/9/25- Menjelaskan alasan dengan kata sifat.
42: Bahasa Inggris
12.29/9/25 - 03/10/25Mid-Term Summative I: Bahasa Inggris
13.06/10/25 - 10/10/25Mid-Term Summative I: Bahasa Inggris
14.13/10/25 - 17/10/25- Menghafalkan nama-nama bulan.
44: Bahasa Inggris
15.20/10/25 - 24/10/25- Menyebutkan macam-macam musim.
47: Bahasa Inggris
16.27/10/25 - 31/10/25- Memahami keterangan tempat pada suatu kalimat.
54: Bahasa Inggris
17.03/11/25 - 07/11/25- Membandingkan perpustakaan dulu dan sekarang.
56: Bahasa Inggris
18.10/11/25 - 14/11/25Daily Test II: Bahasa Inggris
19.17/11/25 - 21/11/25Daily Test II: Bahasa Inggris
20.24/11/25 - 28/11/25- Mendeskripsikan tempat dan benda di sekolah.
58: Bahasa Inggris
21.01/12/25 - 05/12/25Final-Term Summative I: Bahasa Inggris
22.08/12/25 - 12/12/25Final-Term Summative I: Bahasa Inggris
23.15/12/25 - 19/12/25Remidial and Raport Distribution: Bahasa Inggris
Mata pelajaran: Arabic: Arabic
Fase: C: Arabic
Kelas: IV - C: Arabic
Penyusun: Lutfi Kurniawati: Arabic
No. Whatsapp: 085852706162: Arabic
Alokasi Waktu: 19 Minggu x 2 JP: Arabic
Tujuan Pembelajaran: Memahami ide pokok dan membuat tanggapan sederhana tentang anggota tubuh, kebun binatang: Arabic
: Merespon dengan bertanya dan menjawab dalam percakapan yang sangat sederhana tentang anggota tubuh, kebun binatang: Arabic
: Membaca dan memahami wacana singkat dalam teks tertulis atau visual tentang anggota tubuh, kebun binatang: Arabic
No.DateActivityPage: Arabic
1.14/7/25 - 18/7/25membaca dan mengulang kosa kata anggota tubuh2: Arabic
2.21/7/25 - 25/7/25menyimak bacaan tentang anggota tubuh8: Arabic
3.28/7/25 - 01/8/25- Menyanyikan lagu kebangsaan.
8: Arabic
4.04/8/25 - 08/8/25- Menyanyikan lagu kebangsaan.
10: Arabic
5.11/8/25 - 15/8/25- Menyanyikan lagu kebangsaan.
26: Arabic
6.18/8/25 - 22/8/25- Menyanyikan lagu kebangsaan.
16: Arabic
7.25/8/25 - 29/8/25- Menyanyikan lagu kebangsaan.
18: Arabic
8.01/9/25 - 05/9/25- Menyanyikan lagu kebangsaan.
20: Arabic
9.08/9/25 - 12/9/25Daily Test I26: Arabic
10.15/9/25 - 19/9/25Daily Test I: Arabic
11.22/9/25 - 26/9/25- Menyanyikan lagu kebangsaan.
: Arabic
12.29/9/25 - 03/10/25Mid-Term Summative I: Arabic
13.06/10/25 - 10/10/25Mid-Term Summative I: Arabic
14.13/10/25 - 17/10/25- Menyanyikan lagu kebangsaan.
32: Arabic
15.20/10/25 - 24/10/25- Menyanyikan lagu kebangsaan.
36: Arabic
16.27/10/25 - 31/10/25- Menyanyikan lagu kebangsaan.
44: Arabic
17.03/11/25 - 07/11/25- Menyanyikan lagu kebangsaan.
49: Arabic
18.10/11/25 - 14/11/25Daily Test II: Arabic
19.17/11/25 - 21/11/25Daily Test II: Arabic
20.24/11/25 - 28/11/25- Menyanyikan lagu kebangsaan.
: Arabic
21.01/12/25 - 05/12/25Final-Term Summative I: Arabic
22.08/12/25 - 12/12/25Final-Term Summative I: Arabic
23.15/12/25 - 19/12/25Remidial and Raport Distribution: Arabic
Mata pelajaran: Informatics: Informatics
Fase: C: Informatics
Kelas: V - C: Informatics
Penyusun: Awal Nur Hakim, S.Pd.: Informatics
No. Whatsapp: 081246043951: Informatics
Alokasi Waktu: 19 Minggu x 2 JP: Informatics
Tujuan Pembelajaran: Mengidentifikasi dan menggunakan konsep berfikir komputasional unutk membuat solusi dari maslah sehari-hari: Informatics
: Mengidentifikasi dan menggunakan Fitur sederhana mengolah teks, berhitung, mengolah gambar dan berkas digital: Informatics
: Menjelaskan cara kerja komputer dan membedakan berbagai perangkat komputer berdasarkan tugasnya: Informatics
: Menjelaskan alat komunikasi berbasis Teknologi informasi dan komunikasi dan cara melingdungi data pribadi: Informatics
No.DateActivityPage: Informatics
1.14/7/25 - 18/7/25- Berpikir komputasional 3: Informatics
2.21/7/25 - 25/7/25- Algoritma dan Dekomposisi 6: Informatics
3.28/7/25 - 01/8/25- Pengenalan pola dan Abstraksi 9: Informatics
4.04/8/25 - 08/8/25- Pengenalan pola dan Abstraksi 12: Informatics
5.11/8/25 - 15/8/25- Mengelola dokumen sederhana 15: Informatics
6.18/8/25 - 22/8/25- Melakukan penghitungan sederhana 17: Informatics
7.25/8/25 - 29/8/25- Membuat gambar digital 18: Informatics
8.01/9/25 - 05/9/25- Berkas digital19: Informatics
9.08/9/25 - 12/9/25Daily Test I: Informatics
10.15/9/25 - 19/9/25Daily Test I: Informatics
11.22/9/25 - 26/9/25- Berkas digital22: Informatics
12.29/9/25 - 03/10/25Mid-Term Summative I: Informatics
13.06/10/25 - 10/10/25Mid-Term Summative I: Informatics
14.13/10/25 - 17/10/25- Perangkat internet untuk segala bahasa pemrograman 25: Informatics
15.20/10/25 - 24/10/25- Jaringan komputer28: Informatics
16.27/10/25 - 31/10/25- Jenis-jenis jaringan komputer 32: Informatics
17.03/11/25 - 07/11/25- Kode rahasia 38: Informatics
18.10/11/25 - 14/11/25Daily Test II: Informatics
19.17/11/25 - 21/11/25Daily Test II: Informatics
20.24/11/25 - 28/11/25- Kode rahasia 40: Informatics
21.01/12/25 - 05/12/25Final-Term Summative I: Informatics
22.08/12/25 - 12/12/25Final-Term Summative I: Informatics
23.15/12/25 - 19/12/25Remidial and Raport Distribution: Informatics
Mata pelajaran: BTQ: BTQ
Fase: C: BTQ
Kelas: V - C: BTQ
Penyusun: Mochamad Furqon, S.Pd.I, Gr.: BTQ
No. Whatsapp: 085648890182: BTQ
Alokasi Waktu: 19 Minggu x 2 JP: BTQ
Tujuan Pembelajaran: Mengetahui pemahaman membaca, menulis dan mempratikkan hukum bacaan mad (I) dalam Al-Qur'an.: BTQ
: Mengetahui pemahaman membaca, menulis dan mempratikkan hukum bacaan mad (II) dalam Al-Qur'an.: BTQ
No.DateActivityPage: BTQ
1.14/7/25 - 18/7/25Pengertian dan macam-macam mad4: BTQ
2.21/7/25 - 25/7/25Mad Tabi'i atau Mad Asli5: BTQ
3.28/7/25 - 01/8/25Mad Far'i6: BTQ
4.04/8/25 - 08/8/25Cara Membaca dan Menerapkan Mad (I)11: BTQ
5.11/8/25 - 15/8/25Pengertian Mad Lazim Kilmi20: BTQ
6.18/8/25 - 22/8/25Pengertian Mad Lazim Harfi21: BTQ
7.25/8/25 - 29/8/25Pengertian Mad Farqi21: BTQ
8.01/9/25 - 05/9/25Cara Membaca dan Menerapkan Mad (II)24: BTQ
9.08/9/25 - 12/9/25Daily Test I: BTQ
10.15/9/25 - 19/9/25Daily Test I: BTQ
11.22/9/25 - 26/9/25- Menyanyikan lagu kebangsaan.
4 - 12: BTQ
12.29/9/25 - 03/10/25Mid-Term Summative I: BTQ
13.06/10/25 - 10/10/25Mid-Term Summative I: BTQ
14.13/10/25 - 17/10/25Memahami bacaan dan membaca waqaf dalam Al-Qur'an40: BTQ
15.20/10/25 - 24/10/25Memahami menulis dan mempratikkan bacaan waqaf dalam Al-Qur'an46: BTQ
16.27/10/25 - 31/10/25Memahami bacaan dan membaca makharijul huruf dalam Al-Qur'an56: BTQ
17.03/11/25 - 07/11/25Memahami bacaan dan membaca makharijul huruf dalam Al-Qur'an68: BTQ
18.10/11/25 - 14/11/25Daily Test II: BTQ
19.17/11/25 - 21/11/25Daily Test II: BTQ
20.24/11/25 - 28/11/25Menerapkan ketentuan Waqaf dan Makharijul huruf40: BTQ
21.01/12/25 - 05/12/25Final-Term Summative I: BTQ
22.08/12/25 - 12/12/25Final-Term Summative I: BTQ
23.15/12/25 - 19/12/25Remidial and Raport Distribution: BTQ
Scroll to Top